Rekomendasi Jalan-Jalan Hokkaido Day 1 : Wisata Romantis Mengenyangkan ke Mt. Moiwa dan Mt. Okura, Sapporo


2 hari di Hokkaido enaknya kemana ya?
Tempat di Hokkaido yang dekat Sapporo apa sih?
Halooo....ada yang punya 2 days itinerary in Sapporo?!

Sebelum berangkat ke Hokkaido kemarin, gue bingung banget sama itinerary 2 hari di Sapporo, Hokkaido. Nah, setelah berkonsultasi dengan staf HIS akhirnya semua masalah itu selesai. Tau gitu, dari kemarin langsung tanya-tanya mereka <(¬_¬<)

Anyway, masih dalam rangkaian perjalanan HAnavi ke Sapporo, Hokkaido kali ini gue akan kasih rekomendasi tempat wisata di Sapporo yang kemarin gue datangi.

- MT. MOIWA & MT. OKURA SAPPORO NIGHT TOUR -  

NB: Tempat ini cocok banget dikunjungi bagi kalian yang pergi ke Hokkaido bersama orang-orang terkasih, terutama pacar ataupun suami maupun istri.

Seriusan! selain gue dan Shelvi sisanya pada love-love gitu. Mana dingin pula waktu itu. Hahahaha.

Jadi, setelah kita beristirahat singkat di Ana Sapporo Hotel, kita langsung beranjak ke Stasiun Sapporo yang letaknya super dekat dengan hotel kita. Disana kita bertemu dengan Mbak Lia, staf HIS di Jepang yang membantu kita dalam segala pem-booking-an tur Mount Moiwa & Mount Okura Sapporo Night Tour.



Shelvi dan Mbak Lia sedang menukarkan tiket untuk tour Mount Moiwa & Mount Okura Sapporo Night Tour. 

Sebelum sampai Jepang, kita sudah kenalan lewat LINE sama Mbak Lia. Selain membantu proses booking, Mbak Lia juga banyak membantu persiapan kita sebelum pergi kesana seperti :

"Suhu disana berapa ya Mbak sekarang?"
"Pakai baju enaknya yang model gimana ya?"
"Perlu bawa sapu tangan nggak?"
"Hari ini turun salju nggak?"
"Udah punya pacar belum?" #lahhhh

Segala printilan dan pertanyaan kecil, kalau bisa dipastikan dulu daripada membeku kedinginan disana. Maklum, kami dari daerah yang dinginnya hanya ketika hujan. Apalagi Shelvi, dengar-dengar disana kalau di Surabaya siangnya lebih terik dari Jakarta. Ngejeglek ya~

Makasih Mbak Lia untung segala bantuannya selama kami disana~ semoga tidak lelah menanggapi pertanyaan-pertanyaan kami kemarin.

Loket Chuo Bus di Stasiun Sapporo Bus Terminal.  

Dilengkapi dengan jam. Pastikan kalian TEPAT WAKTU ketika mengikuti tur di Jepang karena mereka nggak akan segan-segan meninggalkan peserta yang telat datang. Jangan lupa menyamakan waktu dengan waktu setempat.

Wefie dulu sebelum ikutan Mt. Moiwa & Mt. Okura Sapporo Tour. 

Oh iya! ada cerita unik nih ketika ngobrol sama Mbak Lia.
Waktu kita sampai Sapporo, udara saat itu mencapai -2° C tapi menurut Mbak Lia, suhu tersebut sudah termasuk hangat loh untuk Sapporo.

Nggak kebayang dinginnya seperti apa kalau -2° C hangat. Salut! ヽ( ˘ω˘ )ゝ

Chuo Bus!! Tour kita menggunakan Chuo Bus. Sepertinya bus ini populer ya disini. 

Sekitar jam 6 sore, tour hari ini dimulai!ヾ(⌐■_■)ノ♪

Oh iya, ketika di dalam bus diharapkan peserta untuk duduk sesuai dengan seat yang tertera di tiketnya. Jadi perhatikan juga ya tempat duduk kalian. Sepertinya supaya ketahuan siapa peserta yang bandel dalam perjalanan hehehe

Guide-san Mt. Moiwa & Mt. Okura Sapporo Tour

Nah! kalian yang sering nonton dorama Jepang, pasti pernah melihat pemandangan ini.

Tour guide kami sangat antusias dan sangat memiliki informasi Mt Moiwa & Mt. Okura dengan sangat detail. Gue sampai takjub ngeliat Guide-san tersebut. Hebat banget terus berapi-api memberikan informasi ditengah goncangan bis.

Oh iya meskipun penjelasannya sangat detail dan informatif tapi sayangnya penjelasan masih disampaikan dalam bahasa Jepang. Jadi mungkin beberapa turis asing yang tidak terlalu mengerti Bahasa Jepang jadi ketinggalan informasi, kan sayang~

Untungnya si Guide-san mengerti Bahasa Inggris simpel dan selalu membawa papan tulis.

HEEE? Papan tulis?!! (¯―¯٥)

Yes!! jadi pengumuman jam berkumpul akan dituliskan sehingga semua peserta tour dapat melihat informasi tersebut. Ya...asal nggak ketiduran saja ya hehehe

MT. MOIWA NIGHT SCENERY
credit : 中村 昌寛

Dari kaki gunung menuju puncak, kita menggunakan Ropeway Gunung Moiwa. Saran gue, kalian HARUS ANTRI PALING DEPAN saat akan masuk ke Ropeway Gunung Moiwa. Setelah masuk Ropeway, LANGSUNG BELOK KE ARAH KIRI. Jangan ke arah kanan. Kenapa?


Karena pemandangan malam super cantik Kota Sapporo ada di sebelah kiri hahaha.
BAGUS KAN? untung cuaca saat itu cerah, kalau hujan atau badai datang biasanya Ropeway akan tutup.

Sedikit tips nih. Jangan lupa gantian mengambil gambar di Ropeway ya~
Hargai orang lain yang juga ingin mengabadikan moment tersebut.

Turun dari Ropeway, lanjut naik ke atas dengan Moris Cable Car. Di sini sebenarnya juga bisa menikmati pemandangan malam, tapi sebentar banget. Rasanya sekali kedip langsung sudah sampai.

credit : kkphoto

Dari Ruang Terbuka Observasi Mt Moiwa, pemandangan malam Sapporo dapat dinikmati dari 360°. Tersedia juga teleskop berbayar kalau kalian ingin melihat pemandangan kota lebih dekat.

Walaupun cukup sebentar disini, ngerti sih kenapa tempat ini dinobatkan sebagai salah satu "Three Most Beautiful Nightscapes of Japan". Suasana dan pemandangannya ngangenin, apalagi ketika naik Ropeway. Rasanya pengen balik lagi saat pink-pink sakura mulai bermekaran dan merah kekuningan saat musim gugur.

credit : 中村 昌寛

Di tengahnya ada "Bell of Happines", yang bergambar burung-burung kecil. Kalau dibunyikan bikin galau!! Suasananya...bunyi bell....romantis! Kalau diperhatikan disekelilingnya ada gembok-gembok 'cinta' tuh. Jadi wahai kalian para lovebirds kalau datang kesini, jangan lupa siapkan gembok kalian. 

Tapi kalau lupa bawa ada yang jual juga sih (^ワ^=) 

Ramen dan kehangatan yang dirindukan dari dalam ruangan~

Waktu itu suhu di luar sampai -2° C dan sialnya gue lupa bawa sarung tangan...kemudian tangan pun menjadi membeku dan akhirnya menyerah untuk foto-foto lebih banyak dan balik ke dalam untuk lihat-lihat souvenir.

Hiks...lain kali kesana lagi tapi waktu nggak suhu minus lah (∩⌣̀_⌣́)

Snack rasa melon yang terkenal banget di Hokkaido

Selain observatorium, di dalam terdapat souvenir dan postcard! yeay! Meskipun nggak beli snack disini tapi lagi-lagi gue kalap beli postcard disini. DESAINNYA!!  bagus dan lucu-lucu!! Sayang nggak boleh difoto (╥_╥)

Setelah kira-kira 1 jam di Mt. Moiwa dan menikmati "One of Three Most Beautiful Nightscapes of Japan", tour dilanjutkan menuju ke Mt. Okura.

See you Mt. Moiwa~

MT. OKURA SKI JUMP STADIUM
The Okurayama Ski Jump Stadium

Ada yang  masih ingat pertemuan gue dengan atlet ski, Noriaki Kasai di Bandara Narita?


Nah!! ini dia tempat dimana (katanya sihh) Noriaki Kasai, dkk berlatih saat musim dingin. Dengan tinggi 90 m, tempat ini menjadi arena cabang olahraga Sky Jump ketika diselenggarakan Olimpiade Musim Dingin di Sapporo pada tahun 1972.

Bersejarah sekali ya~

Sayang waktu kita kesana sudah malam jadi sudah tidak ada aktifitas lagi. Katanya sih kalau siang kita bisa melihat para atlet berlatih. Kalau ingin mencoba adu nyali untuk meluncur dari ketinggian 90 m juga dibuka kok, tapi ketika siang hari.

Trivia : Ketika menuju Okurayama Sky Jump, Guide-san bilang :

"Okurayama Sky Jump Stadium ini tempat para atlet sky jump berlatih. Kalau kalian kenal dengan Noriaki Kasai, dia kelahiran Shimokawa, Hokkaido loh. Tadi pagi baru kembali ke Hokkaido."

Hohohoho #sombong hohoho, nggak boleh bilang "Iya, tadi kami 1 pesawat kok hehehe" ya?

GENGHIS KHAN
Genghis Khan dan kehangatan yang dirindukan #part2

Setelah puas mengagumi arena Sky Jumping, kita langsung lanjut makan genghis khan!!

Erghh...genghis khan itu...nama orang bukannya??


NO!! (ノ`□´)ノ⌒┻━┻
genghis khan merupakan BBQ yang menggunakan daging domba. Makanan khas Hokkaido ini menjadi makanan favorit penduduk lokal ketika saus BBQ yang dibuat oleh Matsuo Genghis Khan menjadi populer pada 1956.

Singkat kata, genghis khan adalah BBQ daging domba yang wajib kalian coba jika datang ke Hokkaido!


Jadi cara masaknya itu simpel. Daging ditaruh di atas sayuran supaya rasa yang keluar dari daging juga meresap ke sayuran. Hmm....awalnya sih begitu masaknya, tapi lama-lama yaa dicampur aja semua hahaha.

Memo : 
Hati-hati ketika makan dagingnya karena daging yang disediakan sangat panjang. Disarankan untuk memotongnya terlebih dahulu kalau nggak mau tersedak! seperti gue...dan Shelvi. LoL
Di meja disediakan gunting kok, kasihan jangan dianggurin, nanti dia sedih. 

Shelvi kayaknya gatau gue juga sebenernya juga nyaris tersedak daging. Sadar nggak ya~

Oh iya! kata Shelvi minyak yang digunakan di restoran ini menggunakan lemak babi jadi bagi kalian yang Muslim bisa minta diganti dengan alternatif lainnya.


JUJUR!

Genghis khan adalah salah satu makanan terenak yang pernah gue makan. Pantesan sebelum berangkat pada nyuruh makan genghis khan. Daging dombanya itu lembut dan juicy banget. Disinilah untuk pertama kalinya gue mengerti apa itu ''juicy''.

Tips : 
Lebih enak lagi ditambah bir!! Akhirnya saudara-saudara!! gue mengerti kenapa orang-orang Jepang kalau makan grilled food, pasti ditambah bir.
Rasanya tuh TEPAT! Perpaduan daging yang juicy dan Sapporo Beer... Segar. Ahhh pengen lagi~

Oh iya, kalau makan buffet di Jepang, jangan lupa dihabiskan ya. Sebenarnya sih nggak hanya di Jepang saja sih. Kalau tidak habis biasanya akan kena charge tambahan.
Makanan yang sudah dimasak bisa dimasukkan ke dalam tupperware mungkin lol.

Setelah mengenyangkan diri selama kurang lebih satu setengah jam akhirnya kita kembali ke bis untuk kembali ke hotel.

Ditemani dengan rasa bahagia melihat pemandangan indah dan perut yang kekenyangan. Kami bahagiaaa~ What a day!

Oh iya, dalam tur ini kalian dapat memilih untuk diturunkan di Sapporo Clock Tower atau di Sapporo Station Bus Terminal. Mana saja OK! Bebas!

Bonus foto :
Shelvi (xiaovee.com), lagi berusaha selfie saat menuju Mt. Okura Sky Jump

Untuk kalian yang tertarik dan ingin mencoba pengalamaan indah ini, bisa langsung konsultasi atau menghubungi kantor HIS TRAVEL terdekat.

MT. MOIWA & MT. OKURA SAPPORO NIGHT TOUR 
Tour setengah hari yang memberikan pengalaman untuk menyaksikan keindahan satu dari "Three Most Beautiful Nightscapes of Japan", dari puncak Mt. Moiwa dan juga pengalaman mencoba makanan khas Hokkaido, genghis khan di Mt. Okura Ski Jump Stadium.

Periode Tour : April 2016 - 3 November 2016
Durasi : 3 jam 45 menit
Keberangkatan : Sapporo Station Bus Terminal 18.00 (start) - 21.45 (end)

--------------------------------------

Cek juga Hanavi.
Kolaborasi ciamik antara HIS Travel dan All Nippon Airways (ANA) yang dapat memudahkan kalian untuk melakukan liburan di Jepang.

Cerita tentang Jalan-Jalan ke Jepang masih belum berakhir. Ini masih hari pertama di Sapporo. Hari kedua penasaran kemana? Sabar dan pastikan untuk mampir kesini minggu depan ☚(゚ヮ゚☚)

 

2 comments:

  1. wahh suhu di sapporo dengan di sby memang njeglek bener Em XD hahaha
    btw aku ga tau kalo km kesedak lho pas makan, aku hampir aja sesak nafas gara2 kesedak itu x__x
    telat sadarnya kalo ada gunting!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya karena itu sok sok cool gamau keliatan kalo keselek juga ahahaha.

      Delete

Powered by Blogger.