ALL NIPPON AIRWAYS : FLY TO JAPAN, FLY WITH HAnavi (part 1)


Hai, masih ada yang ingat kolaborasi ciamik antara HIS dan All Nippon Airways (ANA)?
Yak! HAnavi. Akhirnya pada Maret kemarin, gue mencoba HAnavi tersebut dan terbang ke Sapporo, Hokkaido ヽ(⌐■_■)ノ♪♬

Tapi sebelumnya, dalam post kali ini gue juga mau buat pengakuan. Kalau sebenarnya....gue

Nggak suka dan sebisa mungkin menghindari naik pesawat .
Lebih tepatnya, gue nggak suka turbulensi dan berada di tengah awan tanpa kepastian arah hmm....

Biasanya H-1 penerbangan gue selalu nggak bisa tidur. Tapi mengetahui bahwa akan kembali menggunakan All Nippon Airways, jadi lebih tenang.

Anyway, ada jugakah yang memiliki masalah yang sama seperti gue? (*ノ´□`)ノ


KENAPA DENGAN ALL NIPPON AIRWAYS (ANA)?

Oke, pertama gue mau cerita tentang International Flight-nya.

1. ONLINE CHECK-IN ALL NIPPON AIRWAYS

Siapa sih yang tidak mengetahui All Nippon Airways? sebagai salah satu member Star Alliance, ANA juga menyediakan fasilitas Online Check-in bagi calon penumpangnya. Jadi bisa dipilih deh mau duduk dimana.

2. SUPERB INFLIGHT SERVICES

Menyadari ketidaksukaan gue akan turbulensi dan tanpa kepastian arah, ANA menyediakan fasilitas yang cukup membuat pikiran gue terdistraksi selama beberapa jam ke depan. NICE! (*•̀ᴗ•́*)و ̑̑

Seperti biasa, untuk Penerbangan Internasional akan menyediakan berbagai pilihan channel. Nah, di ANA sendiri channel penerbangan mereka sangat banyak!! mulai untuk anak-anak sampai kakek nenek. Ada juga game interaktif kalau kalian lelah nonton dan menikmati musik.

TAPI NIH, ini dia yang bikin gue seneng banget kemarin saat naik ANA
 

Ada film 母と暮せば aka (Nagasaki : Memories of My Son). Salah satu film Jepang yang sangat ingin gue tonton pada tahun 2015 kemarin. Gue kira bakalan harus nunggu versi download-an keluar, ternyata....lebih cepat dari yang diduga! Filmnya bagus loh, anyway. Tonton yak!

Meals & Snacks 

credit : www.ana.co.jp

Dalam penerbangan kemarin dapat snack dan breakfast, karena penerbangannya super pagi. Snacknya dapat Sandwich Chicken Lyoner. Rasanya? lumayan, kurang sambal atau saus tomat saja sih (Indonesian!)

Untuk breakfast bisa memilih antara menu A atau B, terdapat total kalorinya juga buat orang-orang yang concern sama kesehatan mereka, dan pastinya NO PORK. 


Gue memilih menu B, Cheese Omelet with Chicken Pate + soba. Tipikal makanan Jepang, kalau makan pasti ada "art"nya. Soba dan salad kentang disajikan dingin, sedangkan cheese omelet disajikan hangat.

Suka banget sama soba dan cheese omelet nya, sausnya ASELI SEDAP!! Terasa Fresh gitu. Puas. Kalau mau makan itu lagi harus naik pesawat lagi gitu? Nggak jauh lah ya sama makanan yang ada di foto (*^▽^*)

3. LOOK AT THEIR WINDOWS!!


Kenapa jendelanya? 

BESAR (*^▽^*)

Selain itu, pernah nggak sih ngerasain waktu akan landing atau take-off harus membuka jendela padahal lagi terik-teriknya? atau pernah nggak sih ngerasain pengen banget melihat pemandangan di luar tapi matahari sangat menyengat mata? Atau mungkin...lagi enak-enak tidur dibangunin pramugari dan disarankan untuk membuka jendela karena akan landing?

NAH! di ANA, nggak perlu repot-repot buka tutup jendela lagi. Cukup dimainkan saja brightness-nya. Nanti kira-kira bakal jadi seperti ini :

credit : http://www.seattlepi.com/

MANTAP KAN?
----------------------------------

DOMESTIC FLIGHT 

Jujur sejujurnya pengalaman bersama ANA untuk menuju Hokkaido kemarin tidak akan terlupakan. Gimana tidak?

1. 1 PESAWAT DENGAN NORIAKI KASAI


Siapa dia? atlet Jepang dan pemenang cabang ski flying dan pada tahun 2016 ini, dia diberikan penghargaan dari Guiness World Records untuk pencapaiannya di cabang olahraga tersebut.

Sebenarnya selain Noriaki Kasai, ada juga beberapa atlet ski lainnya. Tapi gue nggak kenal. Lumayan lah, nggak ketemu idola kesayangan malah ketemu atlet terkenal.

2. MASUK TV NASIONAL JEPANG + DAPAT UANG JAJAN~

video

Ada kan gue? ketemu nggak? hohoho

Jadi ceritanya, waktu mau check-in untuk penerbangan ke Hokkaido dikasih kabar bahwa sedang ada masalah sistem sehingga tidak bisa check-in, jadi mau bagaimana lagi akhirnya kita menunggu sampai sistem pulih kembali.

Dan ternyata error-nya sistem tersebut, sampai masuk berita nasional hari itu karena menyebabkan banyak pesawat domestik menjadi terlambat.

Yang gue acungkan jempol sebanyak-banyaknya adalah :


1. Setiap saat mereka selalu memberi informasi tentang sistem yang error tersebut. Dari awalnya 30 menit sekali, 15 menit sekali, sampai 5 menit sekali. Petugas di lapangan juga minta maaf satu-persatu ke calon penumpang dan disediakan juga papan pengumuman.

2.  Para atasan pada turun ke lapangan, membantu menenangkan suasana dan meminta maaf. Beberapa sibuk mondar-mandir, entah menelpon siapa. Keren gitu ngeliat orang-orang berjas rapi keluar dan membantu staff lapangan.

3. Kompensasi

Oke, tadinya gue mikir bakal dapat kompensasi makanan di dalam pesawat sampai akhirnya gue melihat orang-orang pada berbaris kembali di pintu check-in. Dikirain sistemnya sudah pulih, ternyata.....


dapat TAMBAHAN UANG JAJAN saudara-saudara!! Lumayan banget, bisa dipakai makan 5 bakpao konbini, 2x Donburi, atau 1x Japanese Set.


Intinya, mereka sigap dan selalu memberi informasi mengenai perkembangan situasi sehingga calon penumpang juga nggak bingung harus melakukan apa pada saat itu. Keadaan cukup aman dan terkendali.

Bahkan kalau dari pengamatan gue di Narita Airport pada hari itu, sejak diberitakan adanya system error beberapa orang Jepang langsung pergi, duduk atau makan dimana. Sedangkan kita menunggu dengan sabar di dekat counter. Artinya? kepercayaan mereka terhadap maskapai besar sekali bukan?

Jadi makin cinta sama All Nippon Airways~ d=(´▽`)=b

Gue sendiri belum pernah mengalami delay dari awal check-in, paling delay ketika sudah masuk Boarding Room dan itupun tidak terlalu lama jadi nggak bisa compare juga. Mungkin dari kalian ada yang sudah pernah mengalami rasanya delay atau system error dari suatu maskapai dan penangannya.


Oke, walaupun nggak terlalu suka terbang tapi gue selalu suka penerbangan domestik karena (entah benar atau tidak) mereka terbangnya cukup rendah, jadi gue masih bisa melihat daratan di bawah. DAN!!! pemandangan dari Tokyo - Hokkaido kemarin merupakan salah satu pemandangan tercantik yang pernah gue lihat dari ketinggian. Ada banyak pegunungan yang masih tertutup salju, ada danau juga cukup besar. Sayangnya gue nggak tau itu danau apa. Danau Biwa mungkin?  (・_・ヾ

Penerbangan dengan menggunakan HAnavi kemarin rasanya gado-gado banget, banyak cerita di setiap penerbangannya. Mau cerita yang mana? bikin nangis? bikin deg-degan? mau yang mana, hayukkk. Tapi sih yang pasti satu, HAnavi benar-benar membuat perjalanan menjadi lebih hemat waktu dan fleksibel dengan banyaknya penerbangan yang bisa dipilih.

Dan All Nippon Airways pun, dapat dijadikan salah satu pilihan jika ingin berlibur ke Jepang, because they serve with heart and give an inspiration. Nggak salah, makanya pada tahun 2015 kemarin mereka mendapat predikat sebagai "World's Best Airport Services" dan "Best Airline Staff in Asia"

6 comments:

  1. Anja! Kayaknya seru banget ya naik ANA. Pas check in bisa milih tempat ngga? Mau deket jendela apa gimana gituu. Hahaha.

    margaapsari.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. seru kakaknyaaa :D bisa milih jendela kok, mau di wings atau deket WC bisa. Asal bukan di kokpit ae~

      Delete
  2. gw nemu lo di tv nja hahaha!! seru bingits uuu ditunggu kelanjutannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. sabar ya kakaknyaa...mungkin boleh ditulis di CV kali ya, pengalaman masuk TV Jepang seperkian detik :D

      Delete

Powered by Blogger.