Jepang kemana? FUKUOKA!! : ALASAN KALIAN HARUS DATENG KE FUKUOKA

Peringatan

Tulisan ini dapat membuat Anda ingin segera memesan tiket pesawat ke Jepang semakin besar. Jauhkan dompet dan kartu kredit Anda sejauh-jauhnya. Apa yang akan terjadi pada Anda selanjutnya, sepenuhnya bukan tanggung jawab penulis.

Dengan berbekal pengalaman menyusuri Wilayah Kansai tahun lalu dan sedikit kemampuan Bahasa Jepang, akhirnya gue memberanikan diri untuk daftar part-time di sebuah event Travel Fair besar di Jakarta, dan akhirnya gue pun ditempatkan pada salah satu booth utama yang menyediakan berbagai informasi bagi orang-orang yang pengen banget pergi ke Jepang.

JEPANG JEPANG JEPANG 

Dari gue kecil sampai sekarang, pesona negeri Matahari Terbit nggak ada matinya. buktinya, banyak banget orang yang datang ke booth dan bertanya,

"Kalau ke Jepang, kemana ya?"  
dan biasanya akan gue jawab
"Hmm biasanya sih...Tokyo, Osaka sama Kyoto."

Nggak hanya itu! Banyak juga orang datang ke booth, lalu bercerita kalau mereka selalu bolak-balik ke Jepang untuk liburan. Iri ga?! Gue sih.....iri. Ada nih suatu ketika, seorang ibu datang ke booth terus nanya,

  “Jepang yang belum Saya datengin yang mana ya?” 
...................................

Gue pun mengambil tangan si Ibu sembari memegang keningnya, lalu mulai komat-kamit baca mantra.
DIKIRA GUE DUKUN KALI, bahkan disebut sebagai anaknya pun bukan. Dengan tetap berusaha tersenyum gue pun melihat brosur yang ada lalu berkata,

“Wah Ibu, silahkan dilihat dulu nih brosurnya, pilihannya banyak.”

Dan, karena mungkin Ibu tersebut tipe wanita sosialita yang sibuk, Ia pun langsung pergi meninggalkan gue…..sendirian.

TAPI ITU DULU!!
Karena sekarang kalau ada orang menanyakan hal tersebut, gue pasti akan menjawab dengan pasti FUKUOKA!!

HAH!! DIMANA ITU FUKUOKA? KENAPA FUKUOKA?!
   photo: ana-cooljapan.com

Gateway to Japan, Gateway to Asia
Terletak di Pulau Kyushu, Fukuoka merupakan kota terbesar ke-6 di Jepang. Budaya yang ada pada daerah ini  banyak mendapat pengaruh dari Cina dan Korea karena jaraknya yang cukup berdekatan. Selain itu, Fukuoka juga memiliki sejarah panjang dengan negara-negara Barat, terutama ketika Jepang melakukan kebijakan saikoku (penutupan negara dari dunia luar).

Karena letak geografis dan sejarah panjang tersebut, masyarakat lokal percaya bahwa Fukuoka merupakan jembatan Jepang dan dunia luar. Oleh karena itu, saat ini pengembangan sarana transportasi seperti stasiun kereta, jalan raya, dan pelabuhan berkembang dengan cepat, karena diperkirakan pada beberapa tahun mendatang akan banyak wisatawan dan produk import akan masuk melalui kota ini. 

TERUS KENAPA HARUS KE FUKUOKA??
Oke, ini nih beberapa alasan kenapa kalian HARUS BERKUNJUNG KE FUKUOKA.

1. 1 DARI 10 “Beautiful Places In The World That Actually Exist” ADA DI SINI. 

Taman Bunga Wisteria Kawachi Fujien. Memiliki lebih dari 150 Bunga Wisteria, taman ini menjadi salah satu tempat yang kecantikan dan keberadaannya  masih menjadi misteri karena belum banyak wisatawan asing yang datang ke sini.


Jika kalian datang  pada akhir April hingga awal Mei, dipastikan kalian dapat melihat keindahan pemandangan Terowongan Bunga Wisteria yang jarang disaksikan wisatawan lainnya. Sekarang coba deh kalian bayangkan....berjalan di Terowongan Bunga Wisteria sambil bergandengan tangan.....bercanda ria...Yakin deh pasangan kalian tampak 1000x lebih indah dari biasanya. Hehehe.
NB: Hati-hati nanti kalau jatuh cinta sama tempat ini malah nggak mau pulang lagi.

2. TINGKAT INTELEGENSI KALIAN AKAN MENINGKAT
photo: cooljapan.com

Kuil Dazaifu Tenman-gu, merupakan kuil yang didedikasikan untuk Michizane, dewa dalam kepercayaan Jepang yang membimbing orang-orang dalam belajar. Pada awal tahun baru, banyak orang datang ke kuil ini untuk berdoa dan meminta berkat. Jadi jangan kaget nih ketika sepulangnya kalian dari kuil ini IPK naik tajam atau tiba-tiba dapat beasiswa. Amin. 


photo: cooljapan.com 

Selain itu, di sekitar kuil ini terdapat 6000 pohon plum dari 200 spesies yang berbeda dan biasanya menjadi penanda dimulainya musim semi ketika mulai mekar pada Februari hingga Maret. Uniknya, dari banyaknya pohon plum berwarna merah muda, terdapat "Tobiume", sebuah pohon berusia 1000 tahun yang berwarna putih. Dipercaya pohon tersebut akan membawa keamanan dalam berkendara bagi wisatawan yang datang ke kuil.

Ini sih namanya, sekali dayung 2-3 pulau terlampaui. Sekali datang ke Kuil Dazaimu Tenman-gu, selain tambah pintar dapat berkat berkendara juga.

3. BISA KEMBALI KE JEPANG TEMPO DOELOE
Sekitar tahun 1588, Istana Yanagawa dibangun dan ketika itu dijuluki sebagai Istana Air karena banyaknya jalur kanal yang dibuat di sekitar istana hingga melintasi kota. Dulunya, kanal-kanal tersebut berfungsi sebagai penghalau dari serangan musuh dan binatang buas.


Dengan jalur sepanjang 3 km, kini kalian masih dapat menikmati pemandangan di sekitar Istana Yanagawa dan menyusuri kanal dengan menggunakan gondola. Sesekali kapten gondola akan menyanyikan sebuah lagu yang dibuat oleh seorang penyair terkenal Jepang, Hakushu Kitahara.


Bila musim dingin tiba, kalian tidak perlu takut kedinginan saat menikmati tour gondola ini karena biasanya akan disediakan selimut, pemanas, dan sake hangat di atas gondola. Wuihh kebayang nggak tuh nikmatnya merasakan suasana Jepang tempo doeloe di atas gondola hangat sambil minum sake dan sesekali dinyanyikan lagu.

I’m a wanderer, so let that be my name – the first winter rain” Matsuo Basho

4. TEMPAT MELEPAS PENAT DARI HIRUK-PIKUK PERKOTAAN

Pulau Nokonoshima merupakan sebuah pulau di Teluk Hakata, Fukuoka yang panjangnya hanya 12 km. Oleh karena itu, kalian bisa bersantai di sini dan berjalan memutari Pulau Nokonoshima. Walau jaraknya hanya 10 menit dengan ferry dari Pelabuhan Meinohama, suasana di pulau ini sangat berbeda dan rasanya seperti ada di dunia lain. Sekali kalian datang kesini, ketenangan dan perasaan rileks akan langsung kalian dapatkan.


Serunya lagi pada musim apapun, Pulau Nokonoshima pasti selalu ditumbuhi bunga sepanjang tahun. Dijamin deh, rasa penat dan stress yang dibawa lari dari kota besar langsung hilang!

Lalu, kalau kalian suka banget sama kegiatan di alam terbuka, biasanya pada bulan Mei hingga September dibuka pendaftaran untuk mengikuti Nokonoshima Camp Ground. Tapi nih, saking terkenalnya pulau ini di kalangan pecinta alam, jangan sampai lupa ya untuk daftar lebih awal. Kalau bisa dari tanggal 1 April supaya tidak kehabisan tempat.

5. MASUK DALAM 10 TEMPAT MAKANAN PINGGIR JALAN TERBAIK SE-ASIA VERSI CNN TRAVEL
Siapa dari kalian tau tentang YATAI? YA YA YA SIAPA??

photo: japan-guide.com 

Yatai adalah kedai terbuka yang muat hingga 7-8 orang, terletak di pinggiran jalan, dan biasanya baru buka pada sore hari. Ya, nggak jauh lah kayak warung Pecel Lele dan Gudeg di Jalan Malioboro yang baru buka sore hari sampai tengah malam. Bedanya kalau di sana bisa lesehan, di sini tersedia tempat duduk. 


photo: ana-cooljapan.com 

Sebenarnya ada sekitar 150 yatai yang tersebar di seluruh Fukoka, namun paling banyak dapat ditemui di daerah Tenjin atau Nakasu. Dengan mencoba makan di tempat ini, kalian bisa merasakan langsung keramahan masyarakat Fukuoka, karena biasanya tempat ini menjadi tempat berkumpulnya para pekerja kantoran dan wisatawan lapar yang mencari makanan maupun cemilan.  

Makanan-makanan yang biasanya dijual di yatai antara lain yakitori, oden dan yang paling wajib dicoba adalah HAKATA RAMEN. 

HA…HAKATA RAMEN ?


Ya....ramen hahaha. Mie tipis yang dimasukan ke dalam kuah kaldu tonkotsu dan ditambahkan dengan potongan chasu. Hissssh…ngilerrr dah. Pulang-pulang jarum timbangan terancam ke kanan nih sepertinya. Katanya, tempat paling pas untuk makan HAKATA RAMEN ya di yatai ini. Kenapa ya?? Asik kali ya makan makanan berkuah panas ditengah semilir angin luar yang dingin.

  Pull up a chair. Take a taste. Come join us. Life is so endlessly delicious.  Ruth Reichi

MAKANAN KHAS FUKUOKA
Oke, karena Hakata Ramen mengandung babi dan pastinya ada beberapa orang yang nggak bisa mencoba, ada juga nih beberapa makanan khas Fukuoka yang nggak kalah enak dari Hakata Ramen dan pastinya WAJIB DICOBA kalau kalian ke Fukuoka.

1.  MIZUTAKI & MOTSU NABE
Setiap daerah di Jepang punya gaya memasak Nabe masing-masing. Nah, kalau di Fukuoka ada 2 gaya memasak Nabe, yaitu Mizutaki dan Motsu Nabe. Bedanya apa tuh?



Bahan utama Mizutaki Nabe adalah daging ayam yang masih menempel di tulang yang kemudian direbus bersama jamur serta sayuran. Setelah itu bahan-bahan tersebut akan dicelupkan ke dalam saus ponzu (saus dari jeruk dan cuka) sebelum disantap. Gaya masak ini, katanya dipengaruhi oleh pembuatan kaldu dan sup Cina pada akhir Zaman Meiji.




Motsu Nabe lebih populer di kalangan perempuan karena walaupun rendah kalori, makanan ini tetap memiliki nutrisi dan kolagen yang tinggi sehingga bisa menjaga kulit agar tetap kenyal. 
Bahannya?

Jeroan sapi yang direbus dalam sup miso atau soy sauce dan ditambahkan kubis, bawang putih serta lada hitam. Rasa yang keluar dari kuah Motsu Nabe berasal dari bawang putih dan sup miso atau soy sauce. Di Fukuoka, setiap restoran mengembangkan sendiri resep Motsu Nabe sehingga jangan kaget kalau kalian menemukan rasa yang berbeda dari restoran yang sama-sama menjual Motsu Nabe.

Dingin-dingin makan Nabe….pikiran dan tubuh hangat seketika. Apalagi makan bersama orang tersayang, jadi makin hangat. 

2. HAKATA UDON
Udon?? Banyak kali dimana-mana
Eits!! Jangan salah karena udon Fukuoka berbeda dengan daerah lain. Tau nggak kenapa?


Udon Fukuoka, meskipun sama-sama memilik tekstur tebal seperti udon pada daerah lain di Jepang, tapi udon Fukuoka sangat lembut sehingga mudah untuk dikunyah dan ditelan. Selain itu kuahnya yang dibuat dengan campuran konbu (rumput laut) dan ikan bonito membuat kuah Hakata Udon menjadi sangat bening. Sampai bisa ngaca nggak ya? Hehehe. 

Nah itu dia alasan-alasan kenapa sekarang kalau ada orang nanya “Jepang kemana?” atau “Saya ke Jepang belum pernah kemana ya?”, gue bakal jawab FUKUOKA! hahaha. Semoga ibu yang nanya waktu itu baca postingan gue. Amin.  

AKSES KE FUKUOKA:
Untuk mencapai Gateway to Asia, Fukuoka di Pulau Kyushu kalian bisa menggunakan beberapa alat transportasi dari Tokyo, seperti :

 1. Bus Malam, sekitar 14 jam dari Tokyo.
2. Shinkansen, sekitar 5 jam Tokyo dan biasanya akan berganti kereta di Osaka.
3. Pesawat (All Nippon Airways), 1 jam 50 menit dari Tokyo

Masih bingung juga menentukan mau naik apa untuk ke Fukuoka? Ada kabar gembira nih buat kalian.
Tenang…. bukan ekstrak kulit manggis kok. 

Sekarang, H.I.S. Travel yang “menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestic maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata Anda” telah menghadirkan HAnavi.

APA ITU HAnavi?

HAnavi merupakan hasil kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. Serunya lagi, HAnavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik + Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH, terutama bila berangkat dari Tokyo atau Osaka.

Jadi, tidak hanya di Tokyo saja tuh. Jika penerbangan kalian sampai di Osaka juga bisa langsung lanjut menggunakan HAnavi menuju Fukuoka. Nggak repot kan.

Ada lagi nih!! keuntungan lain yang bisa kalian dapatkan bila menggunakan HAnavi :

1. Hemat waktu. Pastinya, dengan menggunakan pesawat maka kalian dapat lebih cepat sampai di tempat tujuan, sehingga waktunya bisa kalian gunakan untuk sekedar istirahat sejenak atau melakukan hal lain seperti mencoba onsen yang tanpa sehelai benang itu mungkin. Hehehe.



Nah ini sebagai perbandingannya, kalau kalian menggunakan kereta shinkansen dari Tokyo akan memakan waktu sekitar 5 jam untuk sampai di Fukuoka. Itupun harus berganti kereta dahulu di Osaka. Jadi baru tidur sebentar ehh harus ganti kereta, mau tidur lagi ehh sudah sampai. Untuk beberapa orang  perjalanan seperti ini kurang nyaman bukan? sedangkan kalau menggunakan HAnavi, Tokyo – Fukuoka hanya 1 jam 50 menit. Dari Bandara Internasional langsung nyambung naik pesawat lagi dan nggak perlu keluar cari stasiun shinkansen lagi. Simpel.

2. Paket tiket dan hotel super murah yang ada di HAnavi, jauhhhhh jauhhhh lebih murah ketimbang beli secara terpisah.

3.  Dengan total 800 penerbangan dan 3500 hotel terdaftar di HAnavi, kalian bisa lebih leluasa menentukan kombinasi tiket yang sesuai dengan rencana perjalanan kalian. Menenangkan pikiran banget nggak sih.  

Penasaran dengan produk HAnavi? langsung cek aja di website atau account Facebook H.I.S. Travel : https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

DAN DAN DAN…..yang bikin tambah seru lagi nih, saat ini H.I.S. Travel sedang bekerja sama dengan Kawaii Beauty Japan, menyelenggarakan kompetisi blog dengan hadiah paket Japan Winter Tour untuk 2 orang pemenang. Gratis dong pastinya !

Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition

Cara mengikuti kompetisi ini mudah banget. Kalian cukup menuliskan mengenai kota-kota di Jepang yang belum banyak diketahui orang seperti,  

ToyamaHokkaidoOkinawaFuji-sanNikkoFukuokaHiroshima, dan Nagoya.

Isi cerita bisa meliputi tempat wisata di kota-kota tersebut ataupun makanan khas daerah tersebut. Kalau kalian punya pengalaman mengunjungi kota-kota tersebut boleh tuh ikutan. Kalian pastinya lebih bisa bikin cerita kan, dan bagi yang belum pernah ke Jepang juga nggak masalah, siapa tau malah informasi yang kalian berikan lebih detail dan informatif.

Kompetisi ini dibuka hingga 15 Januari 2016. 
So, masih ada cukup waktu buat bikin cerita. Kapan lagi melihat 1 dari 10 Tempat Terindah Sedunia yang Ada di Fukuoka.  Pasti berminat kan?



27 comments:

  1. Selamat sudah lolos kompetisi ke Jepang :-)

    ReplyDelete
  2. Hai Jane, salam kenal.
    Selamat ya kamu menang blog contest ke Japan by HAnavi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, salam kenal. Makasih ya:)) tadi aku mampir ke blog kakak. Tulisannya menarik :D

      Delete
  3. waah baru aq kepikiran mau nulis kontes jepang HIS ini, eh udah ada pemenangnya.. selamat ya jane:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih kak :) ayo cari-cari lagi, jangan sampai telat hehehe

      Delete
  4. Aku mau ke japan..... Ajak akuhhhhhh ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayuuukkkk.....tapi bayar sendiri ya xP

      Delete
  5. Wahhh selamat ya menang jalan2 ke Jepang, ditunggu ceritanya yaaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih :)) oke....mampir-mampir ke sini lagi ya kak nanti

      Delete
  6. sangat beruntung sekali bisa ke Jepang, ditunggu cerita menariknya ya di Blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya nih kak, makasih. Nanti mampir lagi ke sini ya kak ^^

      Delete
  7. Wiiih...menang, selamat mbak, ditunggu oleh-oleh ceritanya yaa dari jepang (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihh ^^ mampir mampir ke sini lagi ya nanti buat ambil oleh-olehnya

      Delete
  8. RAMEEEEN !!! UDOOOOON !!! aku maaaaau :")

    Di Jepang itu ada Shincan nggak? *PenggemarBeraniMatinyaShincan

    ReplyDelete
  9. Hallo Jane
    Selamat sudah menang kompetisi yaaa
    Sangat aku tunggu ceritanya di sana terutama foto fotonya. ^.~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello mbak. makasih ya :) jangan lupa nanti mampir kesini lagi ya

      Delete
  10. Mantap di tunggu ceritanya kalau udah sampe jepang :)

    ReplyDelete
  11. Akuuuh mau ikut ke Japaaan... Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuk....mau masuk bagasi atau gimanan nih? xD

      Delete
  12. Waaa ... jadi kangen Fukuoka! Dulu waktu ke Jepang juga ke Fukuoka, dan malem-malem makan di Yatai di daerah Nakasu! Konon, dekat situ daerah yakuza lho, makanya adik gue wanti-wanti pas jalan kaki dari stasiun kereta ke pinggir sungai harus sedikit lari biar nggak jadi sasaran penjahat.

    Oh ya, Kyushu itu terkenal dengan onsen. Jadi kalau ke sini wajib nyobain onsen. Dulu saya bela-belain ke desa kecil Amagase buat nyobain onsen tradisional macam di film Spirited Away. Kalau ada waktu, pengin ke Kyushu lagi dan langsung ke Beppu buat nyobain onsen (lagi ...).

    Selamat jalan-jalan yah! Ditunggu ceritanya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. uwahhh seru bangettt jalan-jalannya. Boleh nih next trip. Penasaran berat sama yatai di sana soalnya ^^

      Delete
  13. Waahh,selamat ya kak Jane,udah menangin kontes H.I.S...
    ajak aku Ke Jepang Dong :v mumpung aku mau nih :v

    ReplyDelete
  14. Waaahhh, baca tulisannya beneran pengen ke jepang. Apalagi mbaknya berhasil gratis ke jepang... Doain saya bisa nyusul ke jepang Gratis yaa ��

    ReplyDelete
  15. Serasa sudah jalan-jalan ke Jepang nih. Gak usah ikutan kontesnya deh. Hehehe...
    September 2014 lLU Aku dulu pernah ke Osaka dan Wakayama.
    Ayo mampir ke lapakku ya. #ModusOperandi


    ReplyDelete

Powered by Blogger.