Kemana lagi Yogyakarta? Bantul bisa jadi pilihan


Apakah kalian merasa bosan mengunjungi Prambanan, Taman Sari, atau Keraton?
Apakah kalian merasa sudah terlalu mainstream jalan-jalan di Malioboro?
Apakah kalian nature seekers? urusan makanan bisa menjadi hal nomor sekian?
Ke Yogya lagi? Ngapain? Mending di rumah tidur ada internet. (´〜`*) zzz
Kalimat seperti itu yang beberapa tahun terakhir kemarin terucap kalau diajak pulang kampung ke Yogya. Harap dimaklumi, sejak SD sampai SMA 1 setidaknya setiap tahun menengok si mbah di desa~ Jadi, hati yang sombong ini merasa seluruh penjuru Yogya sudah didatangi.

Tapi ternyata....SALAH ε-(´・`)
memang ternyata, kita GAK BOLEH SOMBONG. (kecuali kalo ada yang bisa disombongin xP). Beberapa ini tempat-tempat di selatan Yogyakarata yang bisa kalian kunjungi kalau lagi dolan ke Yogya. Jarak dari Kota Yogya sendiri sekitar 1 jam, tapi karena rumah si mbah termasuk pinggiran jadinya cukup memakan waktu 30 menit saja.

 PANTAI KUWARU

Pantai ini terletak di Dusun Poncosari, Kecamatan Srandakan, Bantul. Masih berada di satu jalur dengan Pantai Parangtritis, Pantai Kuwaru pemandangannya tidak jauh berbeda dengan Parangtritis. Bedanya, di sini ada beberapa pohon cemara jadinya sedikit lebih adem pada siang hari (︶。︶✽)

Pohon-pohon cemara yang menutupi jalanan menuju pantai

Sepi ya? karena memang pantai ini masih kalah tenar dibandingkan dengan Parangtritis.

Lonely ship~ (﹡ꑓ ︿ ꑓ`﹡)


Ini dia minusnya. Meskipun memberikan pemandangan yang bagus tapi karena masih belum ada pihak yang ingin mengembangkan pantai ini lebih jauh jadi memang masih bisa ditemui sisa-sisa reruntuhan kamar mandi dan toilet umum seperti ini dan kadang, sampah juga masih sering terlihat. Agak sayang sih, karena seafood di pantai ini enak banget~

JALANAN

HAHH JALANAN?? NGACO LOO ∑(゚ロ゚〃)

NO!! Ini Jalan dari Pantai Kuwaru ke Pantai Goa Cemara yang masih dalam satu kawasan. Jalanannya sudah rapi dari aspal dan sepi, lurus doang.....kalau anak yang suka nge-trek di kawasan Puri Indah dibawa ke sini pasti seneng banget. Saking sepinya, kita bisa foto-foto di jalanan karena mobil maupun motor jarang banget lewat.

Pemandangan kanan kiri lumayan cantik, dijadiin lokasi syuting harusnya sih bisa nih

Foto ala Buku Tahunan Sekolah. Oh iya!! pada foto BTS di sini aja hahaha o(^▽^)o

Kekurangan jalan ini cuma 1, tidak ada lampu. Jadi kalau malam beneran hanya mengandalkan lampu kendaraan dan jadi tidak bisa pulang malam setelah melihat sunset dari pantai ini. Hiks. Jadi, kalau beneran ingin nyoba lewat jalan ini malam-malah, pergilah dengan seseorang yang sama gilanya kayak lo.

PANTAI GOA CEMARA

Pantai Goa Cemara juga masih satu kawasan dengan Pantai Kuwaru, letaknya tidak terlalu jauh satu sama lain. Nilai tambah dari pantai ini adalah pohon cemara yang lebih banyak dan lebih panjang dari Pantai Kuwaru, jadi jauh lebih adem dari Pantai Kuwaru kalau siang hari.

Pantai ini lebih bersih dari pantai sebelumnya. Cocok untuk piknik atau orang yang tidak tahan panas. Tinggal gelar tiker di bawah rimbunnya pohon cemara yang mengular sepanjang pantai.


Kenapa disebut Pantai Goa Cemara?? Mana Goa nya? (゚o゚)
itu dia!! saking rimbunnya jadi menutup pantai dan membentuk goa dengan lobang yang menyerupai goa.


LOBANG?? (゚o゚)

Ini dia!! Lobang yang dimaksud adalah jalan untuk menuju bibir pantai dari kawasan rerimbunan pohon cemara.

Di sini juga ada penangkaran penyu, tapi kemarin coba melihat penyu nya tidak ada. Mungkin sudah dilepas ke laut. Telat deh. Masuk ke pantai goa Cemara ini gratis, tapi tetap harus bayar biaya parkir.
Motor : IDR 2000
Mobil : IDR 5000
Bus : IDR 10.000

KEBUN BUAH MANGUNAN

Kebun Buah Mangunan ini berada di Kecamatan Dlingo, Bantul. Sekitar 1 jam dari Kota Yogyakarta atau cukup setengah jam dari Kota Bantul. Untuk menuju ke sini tinggal ikuti saja arah menuju Imogiri, di sekitar Pasar Imogiri akan ada petunjuk menuju kebun buah. Untuk tiket masuknya sendiri cukup IDR 5000/orang.

TAPI!!

Jalan menuju ke kebun buah ini menanjak dan cukup berkelok. Jadi pastikan kendaraan, terutama motor dalam keadaan sehat.


Di sini kita bisa ngeliat berbagai macam pepohononan yang bikin sejuk tempat tersebut seperti pohon jati, pinus, magium, dll. Selain itu, di sini juga seharusnya kita bisa melihat berbagai jenis buah-buahan seperti jeruk, rambutan, jambu, sawo, durian, manggis, dll.

TAPI!!!

Kemarin tidak ada, ada sih tapi lagi gak berbuah. Sepertinya karena masih musim kemarau. Coba nanti saat musim hujan datang lagi. Gagal ngeliat buah-buahan, lanjut lagi jalan menuju gardu pandang yang sangat terkenal sebagai tempat foto narsis anak muda kekinian, dimana saat-saat sunset dan sunrise sangat diburu sebagai best photo moment. Untuk menuju tempat ini terdapat 2 jalur, jalur untuk pengendara sepeda motor dan jalur untuk pejalan kaki.


Di tempat ini, kalian bisa santai sambil ngeliat pemandangan Sungai Oya, ada gazebo di atas. Untuk sampai ke ujung pagar ini, tersedia tangga yang dilengkapi dengan pegangan besi. Walaupun sudah ada tangga, tetap harus berhati-hati ya turun-naiknya.

Datang ke sini bisa juga ajak orangtua, tapi mereka juga harus dalam keadaan sehat ya. Meskipun ada tangga, dan tanjakan yang tidak terlalu menanjak tapi namanya juga faktor U, harus sedikit lebih ekstra energinya.
Kalau anak kecil? bisa banget!! Berdasarkan pengalaman, anak kecil tuh energinya berkali-kali lipat lebih besar, bahkan dari seumuran anak muda. Tapi, memang harus ekstra hati-hati juga penjagaannya, jangan sampai mereka terjun ke jurang.

So, kemana lagi Yogyakarta?? share yuk tempat-tempat menarik lainnya.

No comments

Powered by Blogger.