Backpacking Thailand : Info & Tips Menghemat Pengeluaran


Jalan-jalan ke Thailand kira-kira butuh bawa berapa ya? Pertanyaan seperti itu berulang kali ditanyakan waktu kita nyusun itinerary. Terutama untuk masalah kebutuhan sehari-hari seperti makan, minum atau kebutuhan lain, seperti masuk tempat wisata. Nah! karena itu, gue mau bagiin tips berhemat ketika kalian jalan-jalan ke Thailand.

Makanan

1. Usahakan beli makanan pasar terdekat atau kawasan tempat orang lokal beli makanan. Lebih murah (pastinya!). At least di 7/11 boleh deh walaupun jatuhnya masih lebih mahal. Kalau mau menu murah meriah, beli aja sticky rice THB 5 dan daging bakar pertusuk THB 12. Dimana-mana harga sticky rice dan daging bakarannya sekitar segitu. Walaupun keliatannya dikit, tapi asli!! ngenyangin banget. (•̀o•́)ง

PS: Untuk muslim, lebih baik ditanya dahulu itu daging apa. Kadang ada yang suka jual daging babi meskipun banyak juga yang jual daging ayam.

PS: Sticky rice ternyata....nasi ya. Kualitasnya juga berbeda di setiap tempat. Ada sticky rice nya yang sticky tapi agak keras, ada juga yang sticky tapi lembut seperti nasi biasa. 

2. Mau lebih murah atau takut gak halal?? bawa abon atau kornet dari rumah, terus tinggal beli sticky rice nya deh. Hemat THB 12 sob!

3. Tidak mau sticky rice? bisa. Di sana 7/11 menyediakan jasmine rice yang baunya wangi sekali dengan harga THB 15, sudah sama tempatnya, sendok, dan nasi yang masih hangat.

4. Merasa daging bakar masih mahal? Oke, jadi di 7/11 sana ada teknologi kece, dimana kita bisa memasak telur rebus tanpa melalui kompor.

ini dia!! penampakan tempat si telur terbarukan. Cukup THB 10/butir

JADI? GIMANA TUH MASAKNYA? ε-(´・`) フ

tinggal masukan saja ke air panas selama 10-15 menit, tinggal ngobrol sebentar, lalu jadi deh. Telur rebus. Gak perlu kompor. Air panas bisa minta di penginapan kan.

Nah ini dia! hasil rebusan telur terbarukan tadi. Memang saat jadi, warnanya tampak seperti setengah matang tapi sebenarnya sudah matang dan bisa langsung dimakan. 


AIR MINERAL

Harga air mineral di 7/11 dan Family Mart berkisar THB 9 - THB 17 ukuran 600ml. Rasanya juga beda-beda, ada yang mahal tapi rasanya seperti air keran ada yang murah tapi rasanya seperti air mineral. Buat orang Indonesia mungkin lebih aman beli aja yang Nestle. Tapi sebenarnya harga tersebut termasuk lumayan mahal karena ada yang lebih murah.

1. Air Lokal THB 1 per 1 liter. Di sana, khususnya di Bangkok ada banyak mesin isi ulang air minum ukuran 1 liter dengan harga cukup THB 1. Kurang murah apa tuh.

KENAPA BISA THB 1? MURAHH AMAT KAK! ε-(´・`) フ

Oke, jadi sebenarnya air tersebut merupakan Tap Water, seperti yang ada di Singapura itu. Air yang bisa diminum langsung dari keran dengan melewati penyulingan yang bisa mengubah air keran menjadi air yang dapat diminum secara langsung. Makanya murah.

MEMANG AMAN?? ε-(´・`) フ

Hmmm..... seorang teman yang sepertinya selalu minum air dari mesin tersebut sepertinya dapat kembali ke rumah dengan selamat tanpa harus melewati proses diare. Jadi, gak salah kan dicoba?

2. Gak mau minum Tap Water? usahakan sebelum keluar penginapan, isi penuh botol minum kalian dengan air dari sana

atau

BELI AIR MINERAL DI SUPER CHEAP!! (nb: khusus Wilyah Phuket)

credit: AsiaWebDirect

Super Cheap ini merupakan minimarket, sama seperti Family Mart dan 7/11, dengan warna ungu sebagai penandanya. Bedanya? dia menjual barang-barang dengan harga yang cukup jauh lebih murah ketimbang minimarket lainnya. Sayangnya, kemarin gue hanya menjumpai Super Cheap ini di Phuket, jumlahnya pun juga tidak terlalu banyak ketimbang minimarket lainnya.

Untuk perbandingan, harga mineral water yang dijual di sini dimulai dari harga THB 5, padahal merk yang dijual sama dengan merk di minimarket lain dengan harga sedikit lebih tinggi.

WISATA THAILAND (per Agustus 2015)

PS: kegiatan ini membutuhkan bantuan dari kartu ajaib kecil bernama kartu kredit. 

Untuk beberapa tempat wisata dan atraksi wisata di Thailand, gue memutuskan untuk membeli online dengan alasan lebih murah tentunya. Tapi jeleknya, itinerary harus sudah fix karena terdapat beberapa tempat dimana kalau kita datang terlambat dari hari yang ditentukan, tidak akan bisa ditukar lagi tiketnya. Jadi....beli lagi deh.

Beberapa ini, hasil pemesanan online melalui website hotels2thailand.

1. Tiket Madame Tussauds Bangkok

 Foto sama patung pertama yang menyambut di sana dan sempat bikin ngantri karena....beberapa hari ke depan saat itu adalah tanggal 17 Agustus. 

Harga tiket Madame Tussauds Bangkok OTS: THB 850
Harga beli online langsung di Website Madame Tussauds Bangkok:  diskon 20% THB 650 atau early bird diskon 50% THB 425, tapi harus nunjukin CC waktu dateng.
Harga tiket Madame Tussauds di website hotels2thailand THB 544

Masih lebih murah dibandingkn dengan harga beli online sekalipun, dan tiket tersebut juga bukan early bird jadi bisa dipergunakan kapan saja.

2. Tiket Alcazar Show 

salah satu adegan favorit sepanjang pertunjukan

Beli online tiket Alcazar Show : THB 308 (normal seat), sepanjang jalan liat kanan kiri harga tiketnya bisa sampai THB 600 buat normal seat. Mungkin bisa ditawar kali ya, tapi gue sendiri agak males nawar-menawar hehehe (σ゚∀゚)σ

3. Tiket Nong Nooch, Pattaya

Waktu kesana tepat tanggal 12 Agustus, Mother's Day nya Thailand. Ada parade kecil untuk merayakan ulang tahun Ratu Thailand, Queen Sirikit

Tiket Nong Nooch OTS : THB 500
tapi kalau beli online di hotel2thailand cukup THB 250.

Cuma setengahnyaa!! Diitung-itung bisa hemat sampai THB 500 kan untuk tiket sendiri. Jadi kalau ada kartu kredit pergunakanlah sebaik-baiknya. Kalau tidak punya? pinjem sanak-saudara terdekat, kayak gue hehehe.

Spoiler: 
Coba deh beli jus buah di Pattaya, lebih segar dan pilihan buahnya lebih banyak daripada di Bangkok, dan jauh lebih murah ketimbang di Phuket. Harganya cukup THB 20, coba juga campuran nanas + buah naga. Seger banget!! di Phuket jus harganya THB 50-60, pilihan buahnya gak terlalu banyak juga. Huft

Ada yang punya tips menghemat di Thailand juga? bisa dong di share.....siapa tau ada rejeki bisa ke Thailand lagi. Pengen~ ♥(ˆ⌣ˆԅ)


8 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 10 hari disana ke Pattaya, Bangkok, Phuket sekitar IDR 5-5,5 juta sih sher. Masih agak mahal buat yang beneran mau backpack banget. Agak mahal di penginapan sih jatohnya, kemarin nyari yang at least kamar mandi nya bersih. Masih belum sreg nginep tempat orang xD

      Delete
  2. Hi Jane, Mau nanya nih untuk beli tiket nong nooch & alcazar melalui website hotels2thailand. Itu apa terpercaya? secara harganya beda jauh banget. Apa kamu order lewat web itu dan bener2 bsa masuk ke nong nooch dan alcazar tanpa ada masalah?

    Thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai felicia! iya terpecaya kok, kemarin aku beli dari sana dan bisa langsung masuk pas. Nanti di pintu masuk tunjukin aja bukti pembelian tiketnya terus langsung masuk deh :)

      Delete
  3. Hi Jane, mau tanya, untuk tiket madame tussaud yang dibeli dari hotels2thailand.com jenisnya reguler atau early bird ya? Saya juga mau beli, tapi di websitenya ga tertulis jenis tiketnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kelvin, tiket madame tussaud di hotels2thailand jenis nya reguler :D

      Delete
  4. Hai Jane, mau tanya, saya rencana ingin beli tiket dinner buffet di website hotels2thailand,setelah masukan data nama, email, hp kita,dan menyetujui syarat cancelationnya, trus kita tekan "Proceed to Check Out" apakah itu langsung bisa terbeli? Soalny ragu, takut abal-abalan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, berdasarkan pengalaman bisa langsung terbeli :D Nanti bukti tiketnya langsung dikirim ke email yang dituju

      Delete

Powered by Blogger.