Umbul Ponggok : Snorkeling murah cukup 15ribu. Yes!!


Setelah berbulan-bulan melewati masa galau, tangis, bingung, pusing, sakit perut yang diselingi rasa senang dan bahagia. Akhirnya, Skripsi gue lahir ke dunia!!! ♪(((#^-^)八(^_^*)))♪ Sebulan lebih beberapa hari menyandang gelar di belakang nama tapi beberapa bulan lebih berapa hari ngutang buat ngepost di blog.

Anyway, sebelum arus mudik Lebaran kemarin dimulai (Yesh, Selamat Lebaran semua!!), gue kembali mudik ke Yogyakarta. Nah, berdasarkan berita yang gue baca juga, Yogyakarta menjadi destinasi wisata yang paling banyak diminati oleh para pemudik, mengalahkan Bali pada tahun 2015 ini. Memang sih, Yogyakarta dan daerah sekitarnya sepertinya lagi mulai gencar mempromosikan obyek wisata baru, khususnya bagi anak muda yang tidak jauh-jauh dari MEDSOS, terutama INSTAGRAM

Salah satunya......UMBUL PONGGOK!!! tempat dimana kita bisa snorkeling murah cukup 15ribu  (*´╰╯`๓)♬ Berawal dari rasa iri sama saudara yang habis dari tempat ini. H-2 pulang, berubah jadwal perjalanan, langsung pergi ke tempat ini.




APA ITU? KENAPA IKAN DAN AIR?!! ∑(O_O;)

Umbul itu artinya mata air dan Ponggok merupakan nama lokasi Umbul Ponggok yang berada di Kabupaten Klaten. Singkat kata, snorkeling di mata air daerah Ponggok, Klaten!! hehe.

SNORKELING?!! Σ(‘◉⌓◉’)

YES!! Dengan 15ribu saja, kita sudah bisa snorkeling dan bertemu dengan ikan-ikan hias air tawar. Ingat ya, air tawar. Kenapa? karena waktu pertama kali ngeliat foto saudara, gue sempat membayangkan lokasinya yang berada di dekat pantai dan harus jalan sedikit untuk mencapai tujuan. Tapi semua itu SALAH saudara-saudara. Gue cukup tertipu dengan khayalan otak gue sendiri.

JADI??? UMBUL PONGGOK GIMANA?? ∑(O_O;)

Beginilah........



Literally kolam, seperti kolam renang dengan kedalaman 1 meter sampai 3 meter



yang berada di pinggir jalan dan sedikit terbuka. Jadi keliatan deh dari jalan


SHOCK kan?? Tenang, kalian tidak sendiri. Gue juga. Jadi ragu mau masuk, tapi sudah jauh-jauh dari Yogyakarta ke Klaten. Tancap! lanjut beli tiket.


HARGANYA? TIKET UMBUL PONGGOK BERAPA KAK? (Juli, 2015)

Cukup 5ribu rupiah. Anak diatas 5 tahun, bayar penuh!! Parkir motor 2ribu, mobil 4ribu. Bayar di loket.  Kemarin saat pulang, ngasih uang parkir ke juru parkirnya ditolak *gatau harus senang ato sedih


KALAU GAK BISA BERENANG GIMANA??? MAU SELFIE UNDERWATER JUGA... ヽ(´・ω・`)、

Bisa, pihak terkait menyediakan beberapa penyewaan seperti, (Juli, 2015)

1. Masker Snorkeling, 10ribu
2. Kaki Katak, 5ribu
3. Pelampung Jaket, 5ribu
4. Kamera Underwater 30 menit, 60ribu
5. Kamera Underwater 1 jam, 100ribu
6. Loker, 3ribu

Kalau kemahalan buat sewa kamera, dijual juga pelindung handphone dengan harga 25ribu. Jadi bebas deh sana kalau mau selfie underwater.

AIRNYA GAK KERUH TUH?? AMIS GAK?! (¬_¬)ノ

No no no no!!! karena pada prinsipnya air yang ada di kolam tersebut merupakan mata air yang akan terus mengalir. jadi air kolamnya tidak akan keruh dan tidak berbau



di sekitar kedalaman 3 meter “ヽ(´▽`)ノ”


 Ikannya beragam dari kecil-sedang-cukup besar


Lantainya bukan ubin. Bebatuan dan pasir ˳/(˘ε ˘)♬♪♫


BENING KAN....airnya juga dingin loh~ segar

Sekalinya masuk ke kolam, sudah tidak peduli lagi deh sama bentuknya yang benar-benar seperti kolam renang dan berada di pinggir jalan karena pemandangan di bawah air lebih cantik. Sebenarnya ada sepeda di dalam air yang dapat digunakan untuk narsis, tapi gak berhasil fotonya.

Oh iya!! karena umbul ponggok ini pada dasarnya kolam renang, jadi AMAN kalau membawa anak kecil ke sini karena tidak akan ada ombak-ombak yang akan mengombang-ambingkan badan, apalagi tersedia jaket pelampung, bikin tambah merasa aman.


Biaya-biaya tambahan:

1. Keperluan WC (mandi, ganti baju, toilet), 1ribu-2ribu sudah dapat plastik untuk baju basah
2. Makanan dan minuman (mie instan 8ribu, tempe mendoan, 500 perak satunya sudah dapat sambal kecap dan WAJIB DICOBA!! Enak~) ヘ(゚∇゚ヘ)

Tips:

1. Sedia alkohol atau cairan pembersih lain untuk membersihkan alat snorkeling karena secara tidak langsung kalian berciuman dengan orang asing huahaha “ψ(`∇´)ψ. Kalau punya lebih baik bawa sendiri.
2. Sedia odol untuk membersihkan dan membuat bening kacamata snorkeling. Beberapa kacamata buram.
3. Ketahuilah terlebih dahulu cara snorkeling, karena tidak akan diajarkan kecuali mungkin kalau kalian tanya ke petugasnya
4. Bawa kacamata renang, kemarin masih belum tersedia peminjaman untuk kacamata renang. Ini pilihan sih. Gue pribadi lebih suka menjelajahi tempat tersebut pakai kacamata renang ketimbang alat snorkeling. Bisa lebih dekat dengan obyek foto dan tidak bikin panik. Hoohohoo........


GIMANA KESANANYA??

UMBUL PONGGOK MAP

1. Bisa dicari dengan Google Map, cari: Umbul Ponggok. Jangan Umbul Pongguk atau Umbul Pungguk, nanti nyasar. *pengalaman



2. Bisa ngambil patokan dari Gor Gelarsena Klaten dan mengikuti Jalan Karang Anom


KALAU GPS MATI?? ヘ(´o`)ヘ

Dari arah Yogya, ikutin jalan Yogya-Solo sampai ke Kota Klaten nanti di sebalah kanan ada terminal Penggung yang ada di pertigaan menuju Desa Ponggok. Di situ belok kiri, nanti akan bertemu Markas Koramil. Lurus terus sekitar 700m, nanti ada petunjuk menuju Umbul Ponggok, belok kanan dan kembali lurus mengikuti jalan sekitar 2km. Lokasi umbul Ponggok ada di sebelah kiri. Cari saja yang warna orange.



Tertarik datang ke sini? atau sudah pernah ke sini? share pengalaman kalian yuk!
Selamat bersenang-senang dan hati-hati. Kalau kata papan peringatan di sana "Cegah Kram dengan Pemanasan Terlebih Dahulu"


All pictures above taken with Xperia Z1

5 comments:

  1. Bagus infonya :)
    Umbul Ponggok tempatnya memang bagus banget.
    Ijin berbagi ini dia info lengkapnya Wisata Air Umbul Ponggok Klaten

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup! memang bagus banget tempatnya. Wajib datang kalau lagi main di Klaten dan daerah sekitarnya

      Delete
  2. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Pariwisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih. wahh dari gunadarma ya. sip, langsung meluncur kesana¬

      Delete
  3. waah jadi pgn kesana..kalo anak kecil 3 tahunan dan 1taun boleh renang nyelam foto underwriter ga ya

    ReplyDelete

Powered by Blogger.