waku-waku japan : i've got enough, いっぱい食べた!


Dalam post kali ini, gue mau bahas makanan.
Yap! makanan.....lebih tepatnya unforgettable waktu trip ke Kansai kemarin.
JANG JANG!!!

Makanan Tradisional Jepang, Kaiseki Set



Kaiseki Set, photo taken by Ines

Apa tuh Kaiseki Set?

Singkat kata, kaiseki set merupakan makanan tradisional mewah Jepang yang disajikan kepada tamu. Ingat! tamu itu penting hehehe. Makanan ini terdiri dari berbagai macam jenis makanan dari mulai yang mentah sampai matang, dari sayur-sayuran sampai daging, ada mochi dan jelly juga loh. Kalau kalian lihat, makanan tersebut penuh warna kan? Nah itu dia uniknya!! Makanan ini ditata sedemikian rupa warnanya dan disesuaikan dengan musim karena kalau kalian tau ada istilah "Me de Taberu" yaitu makan dengan mata.

WHAT?! MAKAN DENGAN MATA!! ლ ۞ิ ჴ ۞ิ)ლ
Yoi, jadi makanan juga dinikmati dengan mata gak cuman dinikmati sama lidah saja. Unik ya!
Jadi, kalau ke Kyoto gak nyoba Kaiseki Set sebenarnya agak sayang karena Kyoto merupakan kiblat makanan tradisional Jepang. Sekali-kali lupakanlah sushi, takoyaki dan okonomiyaki yang menjamur di Jakarta.

TAPI

Makanan ini saking mewahnya, porsinya BUANYAAAAKKK BANGET ◦△☆)~~!!! Itu yang di foto belum semua dikeluarin loh. Nanti kalau piring yang sudah kosong, keluar lagi makanan baru.
Dari gue makan lahap saking lapernya sampai bertanya-tanya kapan makanan baru selesai dikeluarkan....
Padahal kalau dilihat sepintas makanannya sedikit tapi tapi tapi.....

Selama disana, gue makan kaiseki set 3x kalau gak salah dan yang paling berat adalah ketika makan kaiseki set saat sarapan.

TERBAYANG KAN...... 

Biasanya orang Jakarta tuh jarang sarapan bukan? *well, at least me. Sarapan sih tapi hanya satu cangkir susu dan kadang tambah roti tawar 1 sudah cukup. Paling mewah bubur ayam atau nasi goreng lah. Kemarin tiba-tiba dapet sarapan semewah kaiseki set itu....rasanya mix. (。☉౪ ⊙。)

Mau ga dihabisin tapi sayang mengingat indahnya dan nikmatnya kaiseki set.
mengingat perjuangan koki yang sudah bikin kaiseki set dari pagi. Kita sarapan jam 7, jadi mereka pasti sudah nyiapin dari jam 5 kan ya. *terharu sambil kekenyangan

Note: 
Biasanya Kaiseki set ini bisa dicoba kalau kita menginap di penginapan bergaya Jepang dan sudah termasuk dalam biaya akomodasi. Ada juga yang bilang, kaiseki set bisa dicoba di restoran. Tapi untuk nama restoran dan rasanya, gue gak bisa memberi info.

Kedua!


Strawberry?!!  Σ(・A゜) macem disini gak ada aja lo!!
Tapi tapi tapi.........

Ceritanya, gue gak suka stroberi, asem gitu. Jadi jarang banget makan stroberi di Jakarta, makan paling kalau lagi mesen es campur di kampus. Itu pun kadang suka gue buang hahaha.
Pas tau kalau gue bakal diajak ke Strawberry Farm, rencananya mau pura-pura sok asik makan aje sebiji habis itu kelilin-keliling.

Namun, rencana gue tersebut tidak pernah terjadi saudara-saudara!! (゜▼゜*)

                                                           Kafuka Strawberry Farm :9 


Here we are....Kafuka Strawberry Farm. Kalau gak salah di daerah Shiga. For your info, kita ke sini setelah sarapan kaiseki set hahaha. *pray for my belly (♠_♦) 



Masuk ke dalam tempat ini, masing-masing dikasih tempat plastik sampah serta coklat dan susu kental manis untuk topping.



her second attemp :9

Awalnya, gue suruh Ines nyoba. 
Trus dia kegirangan "Ihh manis!! manis banget!! Coba deh."
gue gak yakin, dia bisa makan stroberi soalnya 
Ines tetap nyodorin strawberi "Manis Nja, beneran deh!"






dicocol dulu di toppingnya....

Oke, gue coba.......

DHEG.....DEG....DHEG...DEG...NYAM!!!!

MANISSS >___< !!! Akhirnya gue bisa makan stroberi!! HOREEEE!!
dan juicy gitu. Stroberinya juga besar-besar.
sejak saat itu, gue gak jadi keliling-keliling malah sibuk metikin stroberi.
Sebenernya sih gak semua stroberinya manis, tapi gak ada yang asem. Paling banter rasanya tawar hehe.
Hilang sudah rasa kenyang makan kaiseki set waktu sarapan.

Note
Website Kafuka Strawberry Farm, masih bahasa Jepang tapi
Biaya: 



Makan sepuasnya selama 45 menit!! Free topping coklat dan susu (bisa refill!!). Pengguna kursi roda dan ibu-ibu yang membawa troller juga bisa masuk ke kebun stroberi!! Yeiy!!

Picture taken from Kafuka Strawberry Farm web




Alamat: 
Minaguchi Tekunosu Farm
〒528-0005
滋賀県甲賀市水口町水口5940-4

Terletak sebelum SMP Mizuguchi, stasiun terdekat Minakuchi Jōnan Station, Ohmi Railway (sekitar 850m)

Btw, susu kental manisnya enak loh!! Rasa manisnya pas, gak kemanisan dan gak terlalu kental juga, produk Hokunyu. Sayang gak sempet beli kemarin. 

credit: web Rakuten 

Btw, selain stroberi mereka juga jual tomat dan berbagai olahan tomat serta sayur-mayur, beras, gelatto, bahan masak, snack. Banyak dah! Ines beli togarashi rasa curry, enak gitu ternyata. Terus nyesel gak beli huhuhu....

ごちそうさまでした
 いっぱい食べました!

1 comment:

  1. itu... makan ichigo ga pake dicuci dulu Em? wkwk *clean freak*
    jadi pengen coba ichigo yg manis kyk apa o__o
    kaiseki set nya menggoda sekaliii.. tp kayaknya telur mentah itu bakal ga kemakan deh di aku -_-"

    ReplyDelete

Powered by Blogger.