Arima Onsen : ketika telanjang tidak menjadi pilihan


Oke, jadi tulisan kali ini gue dedikasikan kepada seorang teman yang akan berangkat liburan ke Kansai, dan katanya demi apapun juga pengen ke Arima Onsen. Semoga skripsinya diselesaikan dulu dan oleh-oleh titipan gue bisa dibawakan hahaha

Jadi, apa itu Onsen kakak? (*ノ・ω・)

Onsen itu bahasa Jepangnya pemandian air panas, Tau sendiri kan Jepang itu termasuk negara yang memiliki banyak gunung api yang masih aktif jadi permandian air panasnya juga tersebar dimana-mana. Nah!! bedanya sama pemandian air panas di sini adalah.......disana kita telanjang kalau berendam.

HAAA?!! TELANJANG? Bugil gitu? (⁰▿⁰三⁰▿⁰ ‧̣̥̇)

Yak yak yak!! Telanjang! Tanpa sehelai benang....tanpa busana....naked..no string attached kalau kata seorang teman. Well, sebenarnya sih kalau onsennya di dalam hotel dan suasana sepi banget, nyaris mau tutup, gak ada orang Jepang sihhh bawa masuk aja handuknya hehe (oops! ketawan) kecuali kalau kalian mau coba sensasi tanpa sehelai benang berendam bersama teman sih gak apa-apa. Katanya dengan begitu, tali pertemanan kalian akan semakin kuat loh!! Ciee...

Ohhwkee, terus Arima Onsen? v.ʕʘ‿ʘʔ.v

Nah, Arima Onsen juga merupakan lokasi permandian air panas yang terletak di kota Kobe tapi karena dipisahkan dan berada dibalik Gunung Rokko jadi suasananya beda dengan Central Kobe yang kota banget. Oh iya! Arima Onsen juga merupakan pemandian tertua di Jepang. Kawasan ini bisa maju seperti sekarang berkat Toyotomi Hideyoshi yang katanya suka banget bolak-balik ke Arima buat berendem. Sampai-sampai dibuatkan patungnya di Yukemuri Park sedangkan patung istrinya, Nene berada di Nene Bridge yang berwarna merah menyala.

Terus, bedanya Arima sama onsen lain? (・⊝・∞)

Jadi..........begini
Yang unik di pemandian ini adalah terdapat 2 tipe pemandian yaitu pemandian air emas dan air perak. Kalau air emas itu untuk sumber air yang berwarna kuning kecoklatan karena kandungan garam dan besi yang tinggi nah kalau air perak untuk sumber air yang berwarna bening keabuan karena tingginya kandungan karbonasi dan radium.

Berwarna gitu aman? bukan kotor limbah kan? ⋋( ◕ ∧ ◕ )⋌

Aman lah!! dikira kali Ciliwung. Pada banyak wisatawan yang bolak-balik berendem gitu sampai-sampai Toyotomi Hideyoshi juga suka.

Tapi....kalau tetep gamau buka baju gimanaaaaa? (“ ̄(エ) ̄)o/

Bisa pesan pemandian private tapi yaa biaya nya....ya gitu..deh. Tetep gamau? yasudah gue kasih tau beberapa pilihan untuk menikmati kawasan Arima Onsen.


1. YOSHITAKAYA

Inget ya bukan Yoshinoya!! Merupakan toko souvenir dan termasuk dalam toko tertua di kawasan Arima Onsen. Di sini dijual banyak barang mulai dari baju sampai kartu pos, dari makanan sampai lip balm...macem-macem ada. Terus ya suasananya itu loh!! seperti dibawa ke zaman dulu, betah lama-lama disitu ʕ •ᴥ•ʔ , Terus barang yang dijual juga unik!! ada dompet bergambar ikan kalau resletingnya dibuka tulangnya keliatan hahahaha (seriusan keren!) ada juga kandang ayam tapi ayam di dalamnya macem celengan zaman dulu tapi lebih imut (please, jauh-jauh ke Jepang malah kagum sama kandang ayam). IKEA lewat dalam hal pajangan-pajangan unik gini. Mupeng...

Lokasi toko ini di depan Stasiun Arima Onsen dekat Jembatan Taiko
.

Bangunan tokonya. Hati-hati nyebrang ya! keliatan gak kandang ayamnya?



kucing paling kiri asli loh! Tapi boong hehe....mirip ya sama aslinya ʕᴥ· ʔ



Lip balm berbagai rasa, ada testernya juga. Sok atuh mbak mas dicoba ʕ ⊃・ ◡ ・ ʔ⊃


si keluarga kodok plus....itu sapi atau badak ya? atau babi hutan (Θ(エ)Θ*)

2. Tansan Senbei

Jalan dari Yoshitakaya kalian akan melewati Yukemuri Park dan Nene Bridge tempat patung Toyotomi Hideyoshi dan istrinya, Nene berada. Bisa selfie dulu disana sebentar. Turun ke bawah sungai juga boleh. Feeling gue kalau ada sakura, pemandangan di sekitar Nene Bridge akan tambah cantik secantik Nene. Cieee...

Anyway jalan lurus terus sebelum belokan ke area onsen banyak toko snack tuh. Snack yang bisa dicoba disini adalah TANSAN SENBEI!! Kalau anda kira senbei yang ini merupakan snack berbentuk persegi panjang, asin dan tebal...SELAMAT!!Anda salah! Tansan Senbei ini bentuknya bulat, manis dan tipis. Harganya 100 yen per 3 buah (Maret 2015). Paling seru waktu ngeliat Tansan Senbei dibuat, cepet euy!! Yaaa kalau gak cepet diangkat bakalan gosong, rugi lah.



Tansan Senbei Bunda....untuk anaknya *ala mbak-mbak ITC



Penghangat sementara dari dinginnya udara ketika itu. Hati-hati jatuh hehe


3. Drink Fountain & Foot Bathing di Kin no Yu Spa

Masuk ke kawasan onsennya, jalan lurus aja sampai ke Kin no Yu Spa sambil menikmati toko di kanan kiri. Kebanyakan sih restoran, ada juga toko souvenir. Di sana ada Drink Fountain & Onsen buat nyelup kaki doang. FREE pastinya yeahh!

Drink Fountain tuh ngapain? ┐(´(エ)`)┌


credit http://visit.arima-onsen.com/


Ini dia Taiko no Insenba (Drinking Fountain) yang ada di depan Kin no Yu Spa. Di sini kalian bisa nyoba minum ginsen, itu loh air perak sumber air yang berwarna bening keabuan. Cobain deh rasanya, sedap hehe. Kalau gak mau nyoba...liatin muka orang yang nyoba minum juga bakal ketawa seneng sendiri hahaha. Jangan lupa bawa botol buat bawa pulang ya!! siapa tau suka hehe

Nah gak jauh dari situ ada Foot Bathing, si onsen mini buat kaki alias tempat nyelup kaki dengan suhu yang sama dengan onsen di dalam. Kalau tadi air untuk diminum adalah air berwarna perak, air di foot bathing ini air berwarna emas




Begitulah kira-kira...
Ga perlu buka baju, cuma butuh handuk kecil buat lap. Oh iya! lebih baik kalian bawa handuk kecil ya daripada tisu karena disana tempat sampahnya jarang. Kecuali kalau mau disimpen dulu di dalam tas si OK!
Selain FREE, Foot Bathing ini juga gak ada batas waktunya loh, jadi bisa agak berlama-lama disini, terutama kalau lagi musim dingin kayak kemarin. Nyaman euy!
Tapi liat-liat juga ya kalau rame gak boleh egois

4. Arima Fude

Kelar Foot Bathing lanjut jalan lagi ke atas, disana ada Arima Fude. Kalau cari di MAP itu yang gambarnya KUAS warna-warni karena memang itu adalah toko kuas hohoho.
Toko ini juga salah satu toko tertua disini dan orang yang mendirikan masih ada loh waktu kemarin gue kesana (Maret 2015).

Nah karena merupakan industri rumahan, jadi kuas yang dijual disini dibuat secara manual satu persatu. Yang unik dari Arima Fude adalah kalau kita lagi nulis dari belakang kuas akan keluar boneka kecil gitu. Lucu banget macem mainan anak-anak, kebayang gak tuh harus seteliti apa orang yang buat.



Menurut gue, kuas ini cocok banget untuk oleh-oleh buat orang yang suka ngelukis karena kualitas kuasnya yang bagus. Lembut banget...selembut pantat bayi haha. Serius. Gak kalah sama kuas-kuas yang dijual di Toko Buku ternama dengan harga selangit.

Btw, ngomongin kuas lembut ada juga brush make-up. Kalau tadi selembut pantat bayi, yang ini selembut pantat bayi dibalut sutra. Kuadrat lah lembutnya! Tapi harganya....10.000 yen. Uang untuk bertahan hidup disana habis dalam sekejap.

5. Kroket

Sebenernya dalam perjalanan dari Foot Bathing menuju Arima Fude kita bakal melewati lebih banyak toko-toko souvenir. Di antara toko-toko souvenir itu ada penjual kroket (please...kroket doang)

NO!!! ヽ(♯`Д´)ノ Kalau kalian pikir kroket yang dijual rasanya sejenis yang dijual di Papaya, kalian salah besar!! HUAHAHA (i'm such a cheap girl huh?! begitulah). Seinget gue, cuma ada satu penjual kroket di jalan itu.



Walau tertutup tangan,kira-kira begitulah logonya. Kalau ga salah 300 yen harganya.
Jenisnya ada macam-macam, ada yang daging sapi juga..

Ini kroket terenak yang pernah gue makannnnnnnn......
Kentangnya tuh superrrr lembutttt (gatau mau pake selembut apaan lagi) tapi pas digigit tuh luarnya crunchy abis!! gari-gari gimana gitu. Apalagi kalau masih baru matang. Nendang!
Terus akhirnya nyesel cuman beli sebiji huhu (。≧ _ ≦。)


Begitulah, kalau dilihat di peta memang bisa jalan-jalan ke banyak tempat. Tapi karena kemarin waktu terbatas, setidaknya, ini sedikit panduan untuk orang yang juga waktunya terbatas saat ke Arima Onsen (apaan dah). Jadi, gak perlu telanjang kan untuk menikmati Arima Onsen. ENJOY!

Kalau kalian punya pengalaman nyoba onsen, share yuk pengalamannya ^^

Note :

Map Arima Onsen


click click! credit: the-maple.jp

How to get there : Japan Guide

5 comments:

  1. Makasih kak infonya.berguna baanggeeeetttttt
    jadi pengen ke sana!!!
    oh iya kak, harga barang2 di yoshitakaya kisarannya berapa ya? Lucu2��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi!
      harga barang di yoshitakaya beragam, kalau kartu pos simple 100 yen juga kebeli tapi kalau gambar pajangan bisa sampai 27.000 yen. Langsung aja dibuka web nya :)

      Delete
  2. Barang-barang di toko-tokonya unik-unik. Kalo ga bisa nahan diri, bisa dilibas semua tuh items ampe tekor..

    Anyway, gw mo share pengalaman onsen pertama gw pas ke Hokkaido last January.
    Berhubung masi pertama kali di hari pertama, dulu sempet canggung n ragu buat buka semua baju. Bahkan, sampe ngintip dulu ke dalem buat mastiin semua pada bugil ngga. Hahaha..

    Hari berikutnya, langsung aja lepas semua ngga pake mikir 2x.
    Tiap malem kerjaannya selalu onsen di hotel. Dan mulai kerjain laporan bisa jem 12 ke atas. Lalu tidur bisa jem 2 atau 3. Besoknya bangun pagi jam 7. Wkwkwkw

    Paling berkesan pas di Sounkyo. Ada outdoor onsen.
    Jadi pas berendam, bagian tubuh leher ke bawah panas. Namun bagian kepalanya dingin membeku.

    Untuk lihat perjalanan reporter Hokkaido, klik link ini:
    https://instagram.com/explore/tags/wakuwakureporterhokkaido/

    Have a nice day!

    "It's not just about the destination, but the journey"

    ReplyDelete
    Replies
    1. yooo! langsung meluncur ke TKP george.
      gue masuk onsen malah sengaja nunggu jam mau tutup biar sepi gada orang kemaren.
      pas masuk onsen ternyata masih ada orang, nunggu mereka keluar dulu deh baru masuk hahaha

      Delete
  3. Em aku ngakak baca paragraf2 awalmu :v haduh gimana ga awkward ya kalo ga boleh pake handuk buat masuk onsen. btw kroketnya nampak enak (*ノ・ω・)

    www.xiaovee.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.