Pencari Rute & Posisi KRL Para Anker


Maafkan untuk judul yang kadang membingungkan dan terkesan caper (tapi memang iya sih)
Anker, apa sih itu? Kalau di kampus gue sih Anak Kereta
yang berarti, orang yang menggunakan kereta komuter sebagai transportasi utama mereka setiap hari.

Kali ini gue akan mereview 2 aplikasi yang ada di smartphone yaitu, InfoKRL dan Info KRL.

Hmmm itu aplikasi yakin bener namanya? cuma beda spasi doang kayaknya tuh (ㅇㅅㅇ❀)
Yak, begitulah adanya. Coba cek sendiri. Info KRL dikeluarkan oleh KAI Commuter Jabodetabek, sedangkan Info KRL dikeluarkan oleh Hendra Saputra.

Itu Aplikasi apa ya? (ㅇㅅㅇ❀)
singkat kata aplikasi tersebut digunakan untuk mengetahui posisi kereta secara live time, jadwal sampai perkiraan biaya yang dibutuhkan

Memang kita butuh banget ya? (ㅇㅅㅇ❀)
Untuk orang yang takut nyasar waktu naik KRL JABODETABEK pas main ke Jakarta mungkin butuh. Untuk orang yang sudah sering naik KRL, butuh atau tidak sebenarnya relatif. Tapi sebagai smart traveler sebaiknya kalian punya aplikasi ini. Sayang kan smartphone cuma dipakai buat simpan video porno, main games dan selfie doang.

Kalau ada aplikasi ini, kita tidak perlu nanya lewat twitter tentang jadwal kereta terpagi,termalam, atau dari jam x - jam y, biarkanlah admin mengurus hal lain yang lebih penting daripada pertanyaan itu. Selain itu dengan adanya aplikasi ini kalian bisa membuat games kecil-kecilan ketika menunggu KRL atau bahkan mengatur strategi untuk mendapatkan kenyamanan lebih (serius!)

Trust me, it works :)

Oke,
Pertama adalah InfoKRL dari KAI Commuter Jabodetabek



Masuk ke aplikasi, kita langsung berhadapan dengan menu ini. Tinggal pilih deh, mau yang mana. Melihat posisi? melihat jadwal? atau melihat peta rute?



Kalau tadi milih "jadwal", ini menu selanjutnya. Silahkan masukan stasiun keberangkatan dan range jam yang diinginkan. Nanti akan keluar jadwal beserta rute kereta



Ini tampilan untuk yang memilih "posisi", sama seperti menu "jadwal" masukan stasiun keberangkatan di kolom yang tersedia



Beginilah tampilannya, tersedia rute kereta dan posisi dari kereta tersebut. Keterangan posisi kereta pun sampai 'jalur'nya juga loh! Jadi kalau sudah tahu jalur tinggal ancang-ancang lari ke jalur yang dituju tanpa tanya-tanya lagi ke petugas.



Kalau kita lagi butuh liat peta tapi lagi terhimpit di tengah atau mata minus tinggi atau tidak mau meninggalkan tempat duduk karena takut kursinya diambil....ini dia solusinya! Langsung buka pilihan "peta". Gak perlu repot lagi buka google, buang pulsa sayang....

Sekarang,
Info KRL dari Hendra Saputra


Tidak jauh berbeda dengan aplikasi sebelumnya, ketika masuk pertama kali ke aplikasi ini kita akan dihadapkan akan pilihan Realtime Monitoring (mengecek posisi kereta), Schedules & Routes (jadwal & rute kereta). Disini ada aplikasi tambahan juga yaitu Favorite Travel dimana kita bisa menyimpan rute yang biasa kita lalui. Jadi tidak perlu repot untuk memasukan data ke kolom lagi kalau mau ngecek posisi atau melihat jadwal. Mudah kan :)



Tampilan halaman "Schedules & Routes". Tersedia juga perkiraan harga tiket dan jumlah stasiun yang dilewati. So, kalau kalian baru pertama kali naik KRL, takut kelewatan stasiun atau males nanya orang, silahkan download aplikasi ini. Mempermudah perjalanan :)



Tampilan "Realtime Monitoring". 'Sudirman' menunjukkan stasiun tempat kita berada, 'Tanah Abang, Manggarai, Duri,dll' menunjukkan posisi kereta. Tersedia juga jarak antara kereta dan stasiun tempat kita menunggu. Jam berwarna merah menunjukkan perkiraan waktu tiba di stasiun tempat kita menunggu, biasanya kalau sudah berwarna merah artinya TELAT aka NGARET, waktu keterlambatannya bisa dilihat di bawahnya yang juga berwarna merah. 77 menit, 37 menit, 51 menit 

Nah kalau sudah tahu posisi kereta, kita bisa atur strategi apakah sebaiknya keluar naik angkutan umum lain atau naik kereta dengan jalur yang berbeda. Apalagi saat musim hujan banjir begini. 



"Realtime Monitoring" Jalur Manggarai ke Bekasi 


Gue pribadi lebih suka Info KRL buatan Hendra Saputra karena halaman "Realtime Monitoring" nya lebih enak dan mudah dilihat ketimbang buatan KAI. Tapi kadang kalau Info KRL lagi eror, InfoKRL bisa mem-backup jadi informasi bisa terus tersedia.

Ada pengalaman menarik ketika menggunakan aplikasi ini? (ㅇㅅㅇ❀)
Ada dong :)

Pertama, waktu mau ke Jatinegara, nunggu di Manggarai lama banget kereta Bekasi tidak kunjung tiba. Daripada kesel bikin permainan kecil-kecilan aja

Gue : *ngecek Realtime Monitoring. Tebak kereta kita dimana?
Si A : Auk, Gondangdia kali
Si B : Jalan Stasiun Kota mungkin. Lama :(
Gue : Bukan, di Cikini lagi
Si B : Sotoy lu, tau darimana?
Gue : Ada deh, kalau gue bener traktir minuman ya nanti.
Si B : Siapa takut
Announcer : Kereta tujuan Bekasi berangkat St. Cikini
Gue : *senyum senyum menang dapet traktiran minum

Kedua,
Nunggu kereta Tanah Abang di Manggarai

Announcer : Kereta MRI Manggarai-Duri tiba di jalur 2
Kemudian semua orang berlari ke jalur 2 dari jalur 5
Si I : *ngecek "Realtime Monitoring" Habis ini ada kereta Tanah Abang di jalur 5, sekarang udah di Tebet
Gue : Oke *gaikutan lari ke jalur 2

Tidak lama kemudian, kereta Tanah Abang datang di jalur 5, karena kebanyakan orang udah pindah ke jalur 2 jadi dapat tempat duduk deh dan enaknya KRL kita jalan duluan. Yiay!

all pictures taken from Google Play Store, not mine 

UPDATE 3/3/15

Semacam menemukan kegunaan baru aplikasi ini.
Saat janjian sama orang yang naik kereta, kita bisa mantau terus kereta kereta sudah sampai stasiun mana.
Kalau sudah dekat di tempat tujuan, baru deh jalan ke tempat ketemuan.
Lumayan kan, biar nunggu nya gak kelamaan :)

No comments

Powered by Blogger.