Barrier-free: Museum Geologi : Meet Homo Erectus!


Pertama kali kesini, dulu waktu kelas 6 SD. Hal yang gue ingat sampai sekarang adalah replika T-Rex yang super tinggi dan penjelasan tentang minyak bumi. Kemarin datang lagi kesini dan WOW, jadi lebih bagus penataan dan penyajian koleksinya. Buat gue, ini museum kedua terbaik setelah Museum Bank Indonesia. Plus, Museum Geologi termasuk salah satu museum yang bisa diakses oleh penyandang disabilitas. Good job! (^._.^)ノ

Perkenalkan,
Museum Geologi
Lokasi : Jl.Diponegoro No.57 Bandung Jawa Barat
Tiket : Rp 3.000,-/orang (6 Feb 2015)

Jam Buka Museum
Senin-Kamis: 09:00-15:30 WIB 
Sabtu-Minggu: 09:00-13:30 WIB 
Tutup pada hari Jumat dan libur Nasional




Dekat dengan Gedung Sate, Yoghurt Cisangkuy, dan Lapangan Gasibu Bandung. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari tempat tersebut. 

Memasuki Museum Geologi kita akan disambut oleh........... 



dalam bentuk kerangka tapi :) Silahkan yang penasaran bisa langsung datang ke museum! Selfie dulu sebentar sama gajah, sebelum bertemu T-rex

Lantai 1 museum ini terdiri dari 2 bagian, 
kalau masuk ke pintu kiri kita akan menyaksikan koleksi Sejarah Indonesia. Sayangnya, waktu gue kesini bagian tersebut masih dalam renovasi. 
Masuk ke pintu kanan, kita dapat melihat koleksi Sejarah Kehidupan

Sejarah Kehidupan? sounds WOW! Ada apa aja disitu ya? ^● ⋏ ●^
Banyak! ada cerita mengenai sejarah terbentuknya batuan dan awal kehidupan, sejarah kehidupan air, fosil manusia purba Homo Erectus, fosil kayu dan binatang purba sampai replika tulang T-Rex.  




Namanya Homo Erectus (manusia purba berdiri tegak), umurnya 750.000 tahun yang lalu. Tinggi sekitar 2 meter. Ditemukan di Desa Pucung, Kaliyoso, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah oleh Toekimin.

Siapakah Toekimin itu? dan siapa yang meneliti manusia purba ini? Ayok di cek sendiri di museum ini ~(=^‥^)/


Di ruangan ini kita bisa melihat Fosil hewan laut, haliobatis radians, perkembangan manusia dari masa, batang pohon yang sudah berumur, dll




Ini dia salah satu alasan kenapa gue bilang Museum Geologi aksesibel untuk penyandang disabilitas. Ruangannya besar dan luas. Bisa muat dua kursi roda. 


Selain itu peletakan koleksi yang ditata rendah memungkinkan pengguna kursi roda dapat melihat koleksi-koleksi dan penjelasan yang ada.  Tapi sayangnya di ruangan ini belum tersedia kursi bagi lansia yang ingin duduk. Tempat duduk terdekat ada di ruang tengah dekat pintu masuk yang ada kerangka gajah purba (o_ _)o



Perkenalkan, Tulang Rhinoceros sondaicus DESMAREST aka Badak Jawa yang sekarang masih dapat ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon. Besar juga ya!


Setelah bersenang-senang, ayo naik ke lantai 2! Bagi penyandang disabilitas dan lansia, disediakan lift untuk naik keatas. Tapi lift ini tidak menyala setiap saat. Jadi harus minta dinyalakan dahulu oleh petugasnya. Jangan segan-segan ya, karena koleksi di atas lebih menarik lagi :)


Sama seperti lantai 1, di lantai 2 kita diberikan pilihan untuk masuk ke ruangan sebelah kanan atau kiri. Jika memilih ruang sebelah kiri, maka kita akan memasuki dunia "Manfaat & Bencana Geologi"

Di sini disajikan mengenai bencana-bencana geologi seperti erupsi gunung berapi dan tsunami. Ada juga koleksi peradaban manusia dari masa-kemasa, dll. Jadi jangan kaget kalau kalian menemukan Blackberry, tabung gas 3kg, laptop, raket sampai bedak marcks!  


Aksesoris-aksesoris (-‿◦☀)


Kerangka sepeda motor pasca erupsi Gunung Merapi. Selain sepeda motor masih banyak 'kerangka' benda lain yang dapat dilihat. 


Kalau di bagian kiri mengenai geologi dan bencana alam, di sebelah kanan ruangan yang menjelaskan mengenai Sumber Daya Geologi seperti minyak bumi, gas alam, batu-batuan, dll. Masuk ruangan ini berasa 'futuristik' banget. 


Penjelasan mengenai mineral non logam di etalase. Keren banget! 


Tidak butuh penjelasan lagi, yakk ladies and gentleman these are oils (〜 ̄▽ ̄)〜


Ruangan 'Sumber Daya Geologi'. Sangat luas, bisa dilalui 2 kursi roda. Beberapa koleksi batu-batuan di tempatkan agak sedikit lebih tinggi daripada koleksi di lantai satu. Tersedia ramps (sebelah kanan gambar) yang dapat digunakan untuk melihat koleksi yang terdapat di kotak kaca. 


Ruangan 'Manfaat & Bencana Geologi'. Di sini terdapat sedikit masalah, walaupun ruangan ini luas namun terdapat anak tangga yang tidak dapat dilewati oleh pengguna kursi roda dan tidak terlihat adanya ramps, sehingga butuh orang untuk mengangkat kursi roda ke atas ε=o(´ロ`||)

Sama seperti di lantai 1, kedua ruangan di lantai 2 juga tidak terdapat tempat duduk yang dapat digunakan untuk duduk para lansia atau penyandang disabilitas yang menggunakan tongkat. Bila ingin duduk, harus keluar dulu ke ruang tengah lantai 2. 

Penjelasan mengenai koleksi di museum ini sangat jelas, sehingga orang tuli dapat mengetahui informasi mengenai koleksi yang ada. 

Ada ide tempat apa lagi yang ingin diketahui tentang kondisi barrier-free? Komen di kotak comment ya. Maju terus Museum Geologi! 。(⌒෴⌒。)

for further info:
twitter : museumgeologi
website : http://museum.bgl.esdm.go.id/

No comments

Powered by Blogger.